Senin, 20 Juni 2011

PENDIDIKAN DAN PEMBANGUNAN


oleh VIRI ATMATIKA PUJIASTUTI, 5401410125

1.Peran Pendidikan dalam Pembangunan
 Pendidikan mempunyai tugas menyiapkan sumber daya manusia unuk pembangunan. Derap langkah pembangunan selalu diupayakan seirama dengan tuntutan zaman. Perkembangan zaman selalu memunculkan persoalan-persoalan baru yang tidak pernah terpikirkan sebelumnya. Bab ini akan mengkaji mengenai permasalahan pokok pendidikan, dan saling keterkaitan antara pokok tersbut, faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangannya dan masalah-masalah aktual beserta cara penanggulangannya.

Apa jadinya bila pembangunan di Indonesia tidak dibarengi dengan pembangunan di bidang pendidikan?. Walaupun pembangunan fisiknya baik, tetapi apa gunanya bila moral bangsa terpuruk. Jika hal tersebut terjadi, bidang ekonomi akan bermasalah, karena tiap orang akan korupsi. Sehingga lambat laun akan datang hari dimana negara dan bangsa ini hancur. Oleh karena itu, untuk pencegahannya, pendidikan harus dijadikan salah satu prioritas dalam pembangunan negeri ini.
2. Hubungan pendidikan dan pembangunan
A.Esensi Pendidikan dan Pembangunan serta Titik Temunya
Status pendidikan dan pembangunan masing-masing dalam esensi pembangunan serta antara keduanya.

1.Pendidikan merupakan usaha untuk diri manusia.sedangkan pembangunan merupakan usaha dari diri manusia.
2.Pendidikan menghasilkan Sumber Daya Manusia yang menunjang pembangunan sedagkan pembangunan dapat menunjang pendidikan (pembinaan, penyediaan saran dan seterusnya).
B.Sumbangan Pendidkan pada Pembangunan.
Sumbangan Pendidikan terhadap pembangunan dapat dilihat dari berbagai segi di antarany :
1.Segi Sasaran PendidikanPendidikan disini bertujuan untuk mencetak manusia yang menjadi sumber daya pembangunan yang manusiawi.
2. Segi lingkungan Pendidikan
Klasifikasi ini menunjukkan peran pendidikan dalam berbagai lingkugan. Yaitu lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, lingkugan masyarakat ataupun dalam sistem pendidikan prajabatan dan dalam jabatan.
3. Segi Jenjang Pendidikan
jenjang pendidikan meliputi pendidikan dasar (Basic Education), pendidikan lanjutan menengah dan pendidikan tinggi.
4. Segi Pembidangan Kerja atau Sektor Kehidupan.
Pembidangan kerja menurut sektor kehidupan meliputi bidang Ekonomi, hukum, sosial, politik, keuangan, perhubungan, komunikasi, pertanian, pertambangan, dan pertahanan.

C.Pembangunan Sistem Pendidikan Nasional.
Bagian ini akan mengemukakan dua hal yaitu : mengapa sistem pendidikan harus di bangun dan wujud sisdiksos.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar